Sunday 25 January 2015

Jalur Penerimaan Undip 2015 (Universitas Diponegoro)

Jalur Penerimaan Undip 2015 - Universitas Diponegoro merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di pusat ibu kota Jawa Tengah yaitu Semarang. Setiap tahun Universitas Diponegoro selalu menerima ribuan mahasiswa baru. Undip sampai saat ini telah memiliki 11 fakultas. Jalur penerimaan Undip 2015 terbagi menjadi 3 yakni : SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Jalur Masuk Undip 2015
Jalur Masuk Undip 2015


1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
SNMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang sangat di tunggu oleh anak-anak SMA dan sederajat pada tahun 2015. Jalur ini hanya bisa untuk lulusan pada tahun 2015. Pendaftaran jalur SNMPTN ini adalah jalur undangan yang menggunakan seleksi nilai raport dan prestasi yang dicapai oleh siswa yang mendaftar.

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
 SBMPTN adalah seleksi PTN yang menggunakan jalur ujian tulis dan atau Keterampilan, Jalur ini bisa untuk siswa lulusan tahun 2013, 2014, dan 2015. Jadi alumni bisa menggunakan jalur ini untuk mendaftar PTN lagi. Ujian tulis ini terbagi menjadi kelompok

3. Jalur Mandiri
Jalur Mandiri terdiri: Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) D3 dan S1 yakni menggunakan prestasi yang dicapai oleh siswa pendaftar selama sekolah. Serta Jalur Ujian Mandiri yang menggunamkan sistem ujian tulis seperti SBMPTN untuk S1 dan D3.

Untuk presentase kuota penerimaan mahasiswa baru yang digunakan oleh Universitas Diponegoro yakni 50% SNMPTN, 30% SBMPTN, dan 20% melalui Jalur Mandiri. Untuk pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) di Undip untuk semua jalur baik dari SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri semua sama. UKT merupakan besarnya biaya yang dibayarkan tiap semester bagi setiap mahasiswa. UKT di Universitas Diponegoro ditentukan oleh besarnya penghasilan orang tua yang menanggung mahasiswa tersebut.

Demikian tentang info Jalur Penerimaan Undip 2015 yang dapat kami sampaikan untuk anda.

No comments:

Post a Comment